Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (15/3), bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Mr. Iswaran untuk membahas penguatan kerjasama kedua negara, khususnya di sektor transportasi.

Sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya yaitu: upaya penguatan kerjasama yang selama ini telah dilakukan seperti, tindak lanjut kerjasama ruang udara atau FIR dan kerjasama pengembangan SDM di bidang kemaritiman melalui berbagai program pelatihan.

Selain itu, kedua pihak juga menjajaki peluang kerja sama yang akan dilakukan di masa yang akan datang, misalnya: terkait peningkatan konektivitas udara dari Singapura ke Indonesia ke beberapa destinasi wisata tanah air yang sejalan dengan kesepakatan perjanjian hubungan udara antara kedua negara dan juga kesepakatan perjanjian ASEAN Open Sky serta kolaborasi kegiatan port state control (PSC) dan flag state inspection (FSI) untuk memperkuat keselamatan dan keamanan transportasi laut.

“Semoga pertemuan ini akan semakin memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang saling menguntungkan,” ujar Menhub.

Pada Kamis (17/3) besok, Menhub akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo, untuk menghadiri pertemuan Leaders Retreat Indonesia – Singapura yang diselenggarakan di Hotel Fullerton, Singapura.

Turut hadir mendampingi Menhub ke Singapura, Sekretaris Jenderal Novie Riyanto dan Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah. (RDL/BRD/HT)

Kembali